Penambangan Pasir Di Dam Sungai Gendol Jambon Ngemplak

Foto dan Narasi: Wisnu ASA Ajisatria

… sebuah oleh-oleh gowes di hari Minggu

Wisnu ASA Ajisatria IMG_1755

Pada jalur alternatif Sleman – Klaten lewat Kecamatan Manisrenggo terdapat Dam penahan material erupsi Gunung Merapi di sungai Gendol. Dam tersebut terletak di Dusun Jambon Kelurahan Sindumartani Kecamatan Ngemplak Sleman; kurang lebih 2 km sebelah barat wilayah Kecamatan Manisrenggo Klaten Jawa Tengah. Masyarakat sekitar menyebutnya Dam Jambon.

Wisnu ASA Ajisatria IMG_1750

Saat ini Dam Jambon penuh dengan material berupa pasir dan batu akibat banjir lahar dingin yang melanda Sungai Gendol pasca erupsi Merapi. Beberapa desa yang ada di sekitar dam juga mengalami dampak serius akibat banjir lahar dingin. Walau demikian banjir lahar dingin tersebut ternyata membawa berkah bagi para penambang pasir.

Wisnu ASA Ajisatria IMG_1752

Hai ini terlihat dengan maraknya aktivitas penambangan pasir di seputaran Dam Jambon. Tampak ada dua alat berat (backhoe) yang digunakan untuk mengeruk pasir. Tampak pula truck-truck yang antri memuat pasir di dekat backhoe. Selain itu banyak truck yang berseliweran, baik yang akan maupun yang sudah mengangkut pasir.

Wisnu ASA Ajisatria IMG_1751

Wisnu ASA Ajisatria IMG_1761

Wisnu ASA Ajisatria IMG_1754

Banyaknya truck bermuatan pasir yang melalui jalan Ngemplak- Manisrenggo ternyata membuat aspal jalan mengelupas. Hal ini tentu saja juga berpengaruh pada pengguna jalan yang lain. Mereka harus berjalan pelan menghindari lubang yang kadang tergenang air. (Asa)

Gambar diambil tanggal 4 desember 2011

Lokasi : Dam Sungai Gendol, Jambon, Sindumartani Ngemplak Sleman.

5 thoughts on “Penambangan Pasir Di Dam Sungai Gendol Jambon Ngemplak

Leave a comment